Minggu, 13 Maret 2011

Rencana Investasi Besar untuk Kecamatan Sumberjambe

Rencana investasi besar untuk Kecamatan Sumberjambe telah dimulai. Kecamatan Sumberjambe dengan topografi dan geografi yang mendukung investasi besar untuk pariwisata. Alam yang indah dengan topografi wilayah berbukit dan merupakan lereng dari Gunung Raung Jember, adalah modal utama dalam pariwisata alam pegunungan.

Saat anda berkunjung ke Sumberjambe akan terlihat alam pemandangan yang menakjubkan. Tebing curam dengan sudut 90% mengelilingi Desa Rowosari. Inilah yang mungkin menjadi inspirasi nenek moyang pertama yang menginjak kaki di Sumberjambe, untuk memberi nama Desa dengan nama "Rowosari". Desa Rowosari terletak di bawah tebing curam yang mengeliling desa. Suatu pemandangan yang sangat menakjubkan bila kita berkunjung ke Desa Rowosari Sumberjambe. Berkeliling ke desa yang dikeliling tebing curam bersudut rata-rata 90% dan diatas tebing penuh dengan pepohonan lebat nan hijau yang merupakan hutan pinus berjajar rapi, sungguh suatu pemandangan yang menakjubkan.

Desa Rowosari juga merupakan salah satu sentra durian sumberjambe yang sangat terkenal. Bila anda membeli durian di Jember atau di kota lain, tanya durian darimana, pasti para pedagang akan menjawab dari durian dari Sumberjambe walau durian tersebut bukan berasal dari Sumberjambe. Rasa Durian Sumberjambe sudah sangat terkenal akan rasa dan tektur daging durian karena merupakan durian lokal dengan usia diatas 50 tahunan. Durian Sumberjambe rata-rata memiliki rasa yang beda dan unik walaupun durian tersebut berasal dari kebun yang sama. Inilah uniknya durian sumberjambe.

Durian lokal sumberjambe merupakan tanaman dengan tingkat kematangan antara bunga jantan dan betina yang berbeda. Sehingga bunga durian sumberjambe banyak yang "selingkuh" dengan pohon durian yang mempunyai kematangan yang sama antara putik dan serbuk sari. Sehingga kadangkala rasa, warna dan tektur daging durian tiap tahun bisa berbeda untuk satu pohon durian tersebut. Inilah yang mungkin nama-nama durian sumberjambe atau bisa disebut juga dengan Che banyak beragamnya diperkirakan sekitar 2 ribu Che Durian Sumberjambe. Penamaan atau Che ini biasanya berdasarkan atas rasa, warna, bentuk, pemilik serta riwayat pohon durian tersebut. Nilai unik dan rasa durian sumberjambe inilah yang mengundang untuk menjadikan pariwisata agrowisata durian sumberjambe.

Di Desa Rowosari juga ada tujuh air terjun yang terletak pada Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sama. Merupakan petualangan tersendiri untuk menyusuri sungai untuk melihat tujuh air terjun tersebut. Ketinggian air terjun rata-rata sekitar 50 meter. Tujuh air terjun pada tempat yang sama merupakan nilai unik pariwisata yang belum ada di Indonesia, inilah yang digali untuk dijadikan pariwisata di Sumberjambe. Letak Tujuh air terjun Desa Rowosari Sumberjambe penuh dengan kebun durian. Sungguh suatu perjalanan yang indah dan berkesan mendalam berkunjung ke tujuh air terjun yang dikeliling oleh pohon durian, sambil makan durian di agrowisata durian dengan pemandangan alam tebing curam yang menakjubkan, suatu kesan perjalanan pariwisata yang tahkan terlupakan.

Topografi dengan tebing curam rata-rata 90% ini, juga merupakan potensi pariwisata yang menakjubkan dan penuh tantangan bagi sang petualang sejati, untuk menaklukkan tebing ini. Petualangan panjat tebing Desa Rowosari merupakan tantangan tersendiri butuh keprofesionalan dari sang pemanjat tebing karena rute panjat sangat menantang dan sulit ditaklukkan.

Potensi tebing ini juga diharapkan sebagai arena petualangan bagi peminat olah raga Paralayang. Hembusan angin di Kecamatan Sumberjambe sangat bersahabat untuk olah raga Paralayang dengan standar aman untuk melakukan penerbangan Paralayang dengan pendaratang di Lapangan Desa Sumberjambe. Petualangan mengintari dan melihat pemandangan yang menakjubkan Kecamatan Sumberjambe berlatar belakang pemandangan gunung Raung dan Gunung Ijen dan sekitarnya di atas udara. wooow tahkan berbayangkan bagaimana dahsyat dan menakjubkan petualangan unik ini.

Di Kecamatan Sumberjambe juga ada sentra pengrajin Batik Sumberjambe dan merupakan sentra batik di Kabupaten Jember dan sekitarnya, dengan motif unik khas Jember, yaitu motif dasar tembakau. Potensi pariwisata yang coba digali adalah melihat pengrajin batik yang bekerja dan kemudian para pengunjung diharapkan untuk belajar batik sendiri dengan motif sendiri dibantu oleh sang pengrajin batik agar memperoleh hasil yang maksimal. Sungguh suatu kebanggaan bagi pengunjung nantinya dengan memakai batik hasil membatik sendiri, sungguh suatu kebanggaan tersendiri yang tahkan terlukiskan dan memamerkan kepada teman atas hasil karya batiknya. Ini salah potensi pariwisata sentra batik Sumberjambe yang coba untuk digali dan dikembangan.

Rencana investasi besar buat Kecamatan Sumberjambe adalah menjadikan Kecamatan Sumberjambe sebagai PAKET WISATA SUMBERJAMBE yang meliputi :
- Wisata Keliling Desa Rowosari
- Agrowisata Durian Sumberjambe
- Petualangan Panjat Tebing
- Sarana Olah Raga Paralayang
- Sentra Batik Sumberjambe

Dalam mendukung investasi besar ini diharapkan infrastruktur pariwisata mendukung seperti jalan yang mulus menuju lokasi wisata, hotel atau penginapan (bila merupakan paket wisata maka kunjungan untuk satu hari masih belum cukup). Dan diharapkan peran serta pemerintah untuk mendukung rencana investasi ini ke depan dalam kesiapan infrastruktur yang memadai sebagai syarat untuk menjadi Sumberjambe tujuan Wisata Unggulan, sehingga memberi dampak yang luar biasa khususnya untuk Kecamatan Sumberjambe dan Kabupaten Jember umumnya.

Rencana investasi ini masih dalam studi kelayakan dan masih mulai berjalan, semoga berhasil.
WELCOME TO SUMBERJAMBE
ENJOY YOUR VISIT TO SUMBERJAMBE
AMAZING, FANTASTIC, NATURAL AND GET THE DEEP IMPRESSIONS

1 komentar: